Sabtu, 18 November 2017



TANAMAN BUAH

Saya pernah minta mangga yang mentah pada teman saya,
tapi ditolaknya, 
alasannya adalah agar mangga yang akan dimatangkan di pohon tersebut tidak menjadi asam,
atau memang dia tidak akan memberikan kepada saya?
wallahualam bissawab

Saya tidak menceritakan pada dia bahwa saya juga memiliki pohon mangga
yang saya tanam di bantaran sungaidi depan rumah saya,
karena dulu saat saya menempati rumah yang sekarang saat ini,
sudah terobsesi untuk menanam mangga yang saya saya sukai,
yaitu mangga madu rumah,
mangga yang didalamnya terdapat bintik-bintik merah dan rasanya sangat manis
mengapa saya terobsesi oleh mangga ini?
karena dulu saat kecil saya sering ke rumah nenek buyut saya di Daerah Besuki, Situbondo, Jawa Timur selalu disuguhi mangga rumah atau mangga madi gurih yang dipetik di depan rumah,
jadi masih teringat jelas tentang mangga tersebut.

mangga madu rumah atau kalau orang Jawa Timuran bilang "pelem madu" merupakan tradisional atau khas daerah Besuki Jawa Timur tersebut,
Orang yang menanamnya sangat menyayangi mangga tersebut karena relatif mahal,
Mbah Buyut saya juga mendapatkan nilai ekonomi yang tinggi dari hasil penjualan mangga tersebut,
apalagi daerah Besuki adalah Daerah pantai yang sangat coco untuk pertumbuhan mangga,
rasa mangganya berbeda dengan yang di wilayah tengah atau pegunungan.

Selain mangga saya menanam pohon jambu merah di depan rumah,
saya sering berlomba dengan codot atau kalong yang suka ngintip buah2an yang masak.
tanaman jambu biji merah tersebut saya tanam dekat pohon pala dan salam,
tujuan saya menanam jambu tersebut adalah sebagai obat diare,
dan nyatanya saat berbuah saya juga senang.
gambar jambu biji merah di bawah tersebut terlihat dimakan oleh codot. setelah saya incip...ehmm...enaknya..muanizz tenan

aku ora mati walaupun gak dikasih mangga ama kamu kan??? kan sudah tahu bahwa memberi adalah sedekah..makanya jangan pelit-pelit ngasih buah ama temennya








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bunga kamboja jepang